Cara Menyembuhkan Mati Rasa pada Kaki dan Jari Kaki

Kesemutan/kebas atau mati rasa pada kaki dan jari-jari kaki Anda dapat disebabkan oleh banyak kondisi yang berbeda-beda dan sering kali disertai rasa seperti ditusuk banyak jarum atau tersengat listrik. Kesemutan bisa saja disebabkan hal sesederhana seperti kaki mati rasa atau seserius diabetes atau sklerosis multipel/ganda (a couple of sclerosis/MS—sejenis penyakit yang menyerang sistem saraf pusat). Sangatlah penting untuk mengenali kesemutan pada kaki dan jari-jari kaki Anda karena hal itu bukan hanya mempengaruhi kemampuan Anda berjalan, tetapi juga dapat menjadi sebuah gejala dari kondisi yang jauh lebih serius.

Mengatasi Kesemutan secara Berkala

Bergeraklah. Sering kali kesemutan atau rasa kebas pada kaki dan jari-jari kaki terjadi bilamana Anda sudah duduk atau berdiri dalam satu posisi untuk waktu yang lama. Cara terbaik untuk menghilangkan rasa kebas demikian adalah merangsang sirkulasi darah pada kaki dengan bergerak atau berjalan berkeliling. Usahakan pergi berjalan-jalan sejenak, atau sekadar menggerakkan kaki Anda berputar-putar sementara Anda duduk.

Sebagai tambahan untuk membantu menghilangkan kesemutan berkala, latihan secara teratur dapat juga mencegah rasa kebas pada bagian pertama. Usahakan untuk memasukkan beberapa aktivitas fisik ke dalam jadwal harian Anda, sekalipun aktivitas tersebut hanya sekadar berjalan-jalan sejenak.

Untuk sebagian orang, berbagai jenis olahraga berdampak tinggi (excessive impact sporting events—olahraga yang memiliki gerakan dinamis/kompleks dan cenderung membuat jantung berdetak lebih kencang), seperti joging dapat menyebabkan kesemutan pada kaki dan jari-jari kaki. Jadi, cobalah jenis-jenis olahraga berdampak rendah (lower effect physical activities—olahraga yang relatif tidak membuat jantung berdetak kuat), seperti berenang atau bersepeda. Lakukan peregangan dengan benar sebelum berolahraga, kenakan sepatu olahraga, dan berlatihlah pada permukaan yang rata.

Ubah posisi. Rasa kebas sering kali dipicu oleh posisi duduk yang cenderung menjepit saraf-saraf kaki Anda. Hindari duduk di atas kaki (bersila) atau menyilangkan kaki dalam waktu yang relatif lama. [1]
Jika Anda harus duduk untuk waktu lama, mungkin Anda perlu mengangkat kaki secara berkala untuk meningkatkan aliran darah.

Hentikan terlalu sering mengenakan pakaian ketat. Celana panjang, kaus kaki, atau pakaian lain yang terlalu sempit, yang Anda kenakan pada tubuh bagian bawah, kemungkinan menghambat aliran darah ke kaki Anda, sehingga menyebabkan terjadinya rasa kebas. Lepas atau longgarkan pakaian tersebut untuk memungkinkan terjadinya aliran darah yang lebih baik.

Lakukan pemijatan pada kaki. Memijat dengan lembut location yang cenderung mengalami kesemutan pada kaki Anda dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah dan lebih cepat menghilangkan rasa kebas yang muncul secara berkala.

Hangatkan kaki Anda dengan selimut yang dipanaskan secara elektrik (heated blanket) atau bantalan pemanas elektrik atau yang diisi bahan kimia atau air panas (heating pad). Memaparkan kaki pada udara dingin dapat menyebabkan kesemutan dan rasa seperti ditusuk banyak jarum atau tersengat listrik. Hangatkan kaki Anda untuk menghalau rasa kebas.

Kenakan sepatu yang tepat. Sepatu dengan hak tinggi atau sepatu yang menjepit jari-jari kaki dapat menyebabkan kesemutan. Mungkin, Anda juga mengalami rasa kebas jika memakai sepatu yang terlalu kecil, terutama saat berolahraga. Pilihlah sepatu yang nyaman yang pas di kaki Anda. Sol bagian dalam mungkin membantu menjadikan sepatu Anda lebih nyaman.

Ketahui kapan Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Kesemutan pada kaki dan jari-jari kaki yang sifatnya berkala biasanya bukan masalah serius, terutama jika ada penyebab yang jelas, seperti tempat duduk yang tidak nyaman atau pakaian yang sempit. Bagaimanapun, jika Anda sering mengalami kesemutan, atau jika rasa kebas bertahan lebih dari beberapa menit, Anda harus memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan tidak ada sebab-sebab yang belum jelas. Carilah perawatan darurat saat kesemutan pada kaki Anda menyertai gejala-gejala seperti kondisi tubuh melemah, terjadi kelumpuhan, kehilangan kontrol pada usus besar atau kandung kemih, atau mengalami gangguan bicara seolah “menelan kalimat.”

slot deposit 10 ribu

COME BACK AGAIN

You must be over 21 to visit our website.

Are You Over 21 Years Old?


Deprecated: Function WP_Scripts::print_inline_script is deprecated since version 6.3.0! Use WP_Scripts::get_inline_script_data() or WP_Scripts::get_inline_script_tag() instead. in /www/lvt8group_117/public/wp-includes/functions.php on line 6078